Jurusan Kesehatan Masyarakat

Kampus dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat S2 Terbaik + Biaya

Pencarian institusi pendidikan tinggi yang tepat untuk melanjutkan studi S2 dalam bidang Kesehatan Masyarakat adalah langkah penting dalam mencapai karir yang sukses dan memuaskan di dunia kesehatan. Salah satu faktor kunci yang perlu dipertimbangkan adalah reputasi kampus dan program jurusan tersebut, serta biaya pendidikan yang terkait.

1. Universitas Indonesia

Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Tak heran lagi, Universitas Indonesia ini menjadi kampus dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat s2 terbaik. Magister Kesehatan Masyarakat UI ini telah berdiri sejak tanggal 1 Juli 1965. Fokus utama dari jurusan kesehatan Masyarakat S2 ini adalah untuk membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan yang mendalam dalam bidang inti kesehatan masyarakat. Dengan itu, program ini menjadi salah satu penyangga penting dalam pengembangan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Biasa disingkat dengan MKMUI, menawarkan beragam spesialis yang mencakup 15 kekhususan yang berbeda. Dalam kekhususan ini, mahasiswa dapat memilih untuk mendalami berbagai aspek penting dalam dunia kesehatan masyarakat. 15 diantaranya yaitu :  

  • Health Economics
  • Health Insurance
  • Health Services Management
  • Farmakoekonomi
  • Kebijakan dan Hukum Kesehatan
  • Biostatistika
  • INFOKES
  • Gizi Kesehatan Masyarakat
  • Environmental Health
  • Epidemiologi Kesehatan Lingkungan
  • Promosi Kesehatan
  • Mutu Layanan Kesehatan
  • Reproduction Health

Rincian Biaya

Ditinjau dari SK Pendidikan Universitas Indonesia, biaya dari jurusan Kesehatan Masyarakat S2 Universitas Indonesia ini dibagi menjadi dua, yaitu reguler dan kelas WNA. Tentunya untuk kelas WNA akan lebih mahal daripada kelas reguler, baik itu biaya operasional yang harus dituntaskan setiap semester maupun uang pangkal pada saat pendaftaran. 

Uang pangkal untuk kelas reguler yaitu sebesar 12 Juta dan kelas WNA yaitu sebesar 15 Juta. Sedangkan biaya operasional untuk kelas reguler yaitu sebesar 14 Juta dan kelas WNA sebesar 35 Juta

2. Universitas Airlangga

Kesehatan Masyarakat Unair

Kampus selanjutnya yaitu ada Universitas Airlangga yang dapat kita ketahui bahwa kampus tersebut merupakan salah satu kampus unggulan di Indonesia. Sekarang ini, Fakultas Kesehatan Masyarakat di kampus ini mengelola beberapa program magister yang berfokus pada berbagai aspek kesehatan masyarakat. Diantaranya yaitu Magister Kesehatan Masyarakat (M.Kes), Magister Kesehatan Lingkungan (M.KL),  dan Magister Kesehatan Keselamatan Kerja (M.KKK).

Dalam mendukung proses pembelajaran yang nyaman, fakultas tersebut memberikan fasilitas seperti AC pada ruang kelas, library, koneksi internet, laboratorium dan berbagai fasilitas lainnya. Untuk laboratorium yang tersedia ini tentunya memenuhi standar yang ada dan sangat memadai dalam proses penelitian yang diadakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Rincian Biaya

PKM Unair menetapkan biaya Uang Kuliah Semester (UKS) sebesar 8.5 Juta untuk mahasiswa WNI, sementara mahasiswa WNA dikenai biaya UKS sebesar 22.5 Juta. Selain itu, untuk biaya Uang Kuliah Awal (UKA) minimal yang harus dibayar adalah sebesar 10 Juta untuk mahasiswa WNI dan 25 Juta untuk mahasiswa WNA. 

3. Universitas Diponegoro

Kesehatan Masyarakat  UNDIP

Program Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro atau yang biasa disingkat Undip ini dibuka pada tahun 1999. Tujuan dari Program Magister Kesehatan Masyarakat Undip ini yaitu untuk melaksanakan pendidikan yang bermutu dan menghasilkan alumni yang profesional dalam bidang Kesehatan Masyarakat. Program Magister Kesehatan Masyarakat ini menyediakan 4  konsentrasi studi. Anda dapat menyesuaikannya dengan minat dan bakat Anda.

Rincian Biaya

Seperti yang Anda ketahui, bahwa mengetahui kisaran biaya menjadi hal penting sebelum memasuki pendidikan tersebut. Untuk Magister Kesehatan Masyarakat Undip ini memiliki kisaran biaya sebesar Rp. 10.000.000,00 baik itu SPP maupun SPI.

4. Universitas Gadjah Mada

Kesehatan Masyarakat  UGM

Menghasilkan gelar Master of Public Health (MPH), jurusan Kesehatan Masyarakat S2 di UGM ini memiliki masa studi mulai dari 18 hingga 24 bulan. Untuk sistem pendidikan yang dilaksanakan oleh UGM dalam program ini memiliki berbagai macam sistem. Anda dapat memilih kelas reguler maupun internasional. Kelas reguler yang ditawarkan menawarkan beberapa sistem pendidikan seperti reguler full, paruh waktu, intensif, dan lain lain.

Adapun syarat yang harus Anda tuntaskan untuk dapat masuk dalam jurusan ini yaitu telah mendapatkan gelar sarjana S1 (dikumpulkan dalam bentuk foto copy ijazah dan nilai yang sudah dilegalisir), mampu untuk menempuh program yang ada pada jurusan tersebut, kelengkapan berkas-berkas, dan yang terakhir yaitu lulus pada saat penerimaan mahasiswa baru.

Rincian Biaya

Uang kuliah Tunggal yang harus dibayarkan Anda apabila menempuh pendidikan Magister Kesehatan Masyarakat di Universitas Gadjah Mada yaitu sekitar Rp. 15.000.000,00 per semester.

5. Universitas Sumatera Utara

Kesehatan Masyarakat  USU

Program Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara ini memiliki fokus utama pada penyampaian yang lebih mendalam tentang strategi pencegahan dan penanganan penyakit yang terjadi di masyarakat. Jurusan ini memiliki tim pengajar yang terdiri dari individu yang ahli di bidang kesehatan masyarakat dan telah memiliki sertifikat ajar nasional. Dengan dukungan kurikulum terpadu, tujuan utama dari Magister Kesehatan Masyarakat USU yaitu memberikan bimbingan intensif dan pengalaman belajar efektif bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan tersebut.

Untuk mahasiswa lulusan S2 Kesehatan Masyarakat USU ini akan menerima gelar (M.K.M). Selain itu, proses pembelajaran dari prodi ini mencakup 41 SKS. Jadi persiapkan diri Anda sebelum masuk ke dalam jurusan tersebut.

Rincian Biaya

Apabila Anda diterima di Kesehatan Masyarakat S2 di Universitas Sumatera Utara, biaya awal yang harus Anda bayarkan ini sekitar Rp. 7000.000,00, baik itu kelas reguler maupun eksekutif. Sedangkan SPP yang dikenakan yaitu sebesar  9 Juta untuk kelas reguler dan 12.5 Juta untuk kelas eksekutif.

Memilih kampus yang tepat dapat membuka pintu menuju karir yang sukses dalam dunia kesehatan, sementara mengetahui biaya pendidikan dapat membantu Anda menjalani perjalanan akademik dengan lebih lancar. Dengan kerja keras, dedikasi, dan sumber daya yang tepat, Anda dapat mencapai impian Anda dalam mewujudkan dampak positif pada masyarakat melalui ilmu Kesehatan Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

More articles you might like

https://permatajingga.com/ Slot Thailand Situs Slot